LAPORAN PENGEMBANGAN DAN IMPLEMPENTASI SISTEM
INFORMASI
REKAM
MEDIS KLIKNIK PERSALINAN
Dosen Pengampu : Endang Kurniawan S, Kom., M.M., M.Kom.,
CEH., CHFI., CIPM.
|
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ULUM
JOMBANG
Dengan mengucap puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas ridho
dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini. Maksud dan
tujuan dari penulisan laporan ini adalah untuk memenuhi persyaratan kelulusan
Program Studi Strata I pada Jurusan Sistem Informasi di Universitas Pesantren
Tinggi Darul ‘Ulum Jombang.
Penulis merasa bahwa dalam menyusun laporan ini masih menemui beberapa
kesulitan dan hambatan, disamping itu juga menyadari bahwa penulisan laporan
ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan-kekurangan lainnya,
maka dari itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari semua
pihak.
Menyadari penyusunan laporan ini tidak lepas dari bantuan berbagai
pihak, maka pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang
setulus-tulusnya kepada:
- Prof. Dr. H.Ahmad Zahroh, MA, Rektor Universitas Pesantren Tinggi
Darul ‘Ulum.
- Bapak Endang Kurniawan S,
Kom., M.M., M.Kom., CEH., CHFI., CIPM. Selaku dosen mata kuliah
Pengembangan dan Implementasi Sistem Informasi.
- Segenap dosen dan karywan Fakultas Teknik Unipdu.
- Serta sekuruh teman - teman seperjuangan.
Akhir kata, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan karunia-Nya dan
membalas segala amal budi serta kebaikan pihak-pihak yang telah membantu
penulis dalam penyusunan laporan ini dan semoga tulisan ini dapat memberikan
manfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkan.
|
Jombang, 27 April 2017
|
|
Penulis
|
3.2 Analisis Sistem yang Diusulkan................................................................ 7
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Definisi data menurut. Definisi rumah sakit
Data-data yang ada
di klinik bersalin masih diproses secara manual. Kebutuhan terhadapa data rekam
medis banyak memerlukan tempat untuk penyimpanan. Banyaknya data yang masuk
dalam klinik bersalin menyebabkan sistem rekam medis manual menjadi tidak
efisien. Yang kemudian menimbulkan adanya tumpukan data.
Penyimpanan data
dalam bentuk kertas atau manual menimbulkan risiko yang cukup besar, seperti
kebakaran, rusak atau bencana alam yang bisa menyebabkan data-data tersebut
hilang. Kebbutuhan akan data yang efektif an efisien serta ada saat dibutuhkan
menjadi alasan utama penyediaan informasi yang akaurat.
Data yang kurang
lengkap dapat menyebabkan informasi pelayanan kesehatan menjadi kurang efisien.
Karena, tidak tersusun rapi dan susah dalam pencariannya. Maka perlu dibuat
suatu sistem yang dapat menangani masalah-masalah tersebut.
Latar belakang
masalah memuat uraian secara jelas timbulnya masalah yang memerlukan pemecahan
dengan didukung oleh logika-logika dan teori-teori yang mendasari timbulnya
gagasan pemecahan/pembahasan masalah. Dengan mengemukakan latar belakang
masalah akan mempermudah rumusan masalah.
Latar belakang
berisi kondisi yang menjadi alasan pentingnya dilakukan penelitian pada topik
yang dimaksud. Penggambaran situasi dan kondisi dinyatakan dengan data-data
yang diacu dari sumber yang terpercaya.
Dari penjabaran
latar belakang disimpulkan terdapat suatu masalah yang patut untuk dicari
pemecahannya. Kemudian diusulkan sebuah metode pemecahan masalah yang dirasa
sesuai. Kesesuaian dibuktikan dengan data dan fakta baik dari penelitian
terdahulu yang telah pernah dilakukan oleh peneliti lain untuk menyelesaikan
masalah yang sama. Perlu diuraikan pula apa perbedaan dari pendekatan yang
dilakukan oleh penulis dan pendekatan yang dilakukan oleh peneliti sebelumnya.
Hasil jabaran
kemudian disimpulkan menjadi sebuah judul serta diikuti dengan manfaat dari
penelitian tersebut.
1.2
Rumusan Masalah
Dari berbagai
problem yang timbul pada latar belakang di atas. Maka, pengembangan Sistem
Informasi Rekam Medis ini dibuat untuk menyelesaikan masalah berikut:
1.
Apa yang harus dilakukan agar
tidak terjadi tumpukan data yang besar?
2.
Bagaimana cara aman untuk
menyimpan data dalam jumlah yang besar?
3.
Bagaimana agar data mudah dicari
dan diakses?
1.3
Batasan Masalah
Seringkali suatu
permasalahan yang di angkat terlalu besar untuk dapat diselesaikan dalam satu
penelitian. Oleh sebab itu perlu dijabarkan batasan untuk memperlihatkan ruang
lingkup dari masalah yang akan dipecahkan dalam penelitian. Batasan masalah
dijabarkan dalam poin-poin sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa
batasan masalah yang sering ditemui dalam penelitian Rekayasa Perangkat Lunak:
1.
Sumber data yang digunakan dalam
penelitian adalah rekam medis manual .
2.
Pada sistem ini hanya menangani
lingkup klinik bersalin karena menyesuaikan dengan kebutuhan soal.
3.
Teknologi yang digunakan yaitu website
sebagai interfacenya dan untuk penangan datanya menggunakan database SQL(Strutured
Query Language) .
4.
Aktor dari perangkat lunak yaitu,
Admin , Dokter, dan Petugas.
1.4
Tujuan Penelitian
Tujuan dari
penelitian merupakan hal yang menjadi tolak ukur berakhirnya suatu penelitian.
Apabila poin atau delaporan yang disebutkan dalam tujuan penelitian telah
selesai dilaksanakan maka penelitian dianggap telah selesai pula. Apabila poin
dalam tujuan penelitian ada yang belum dilaksanakan maka penelitian belum dapat
dikatakan selesai. Berikut ini adalah
tujuan penelitian :
1.
Merancang Sistem Informasi yang
dapat digunakan untuk mengeloa data klinik bersalin di RS. Dr.DJOELHAM Binjai,
Sumut.
2.
Membangun Sistem Informasi Rumah
Sakit sesuai rancangan yang telah dibuat.
1.5
Manfaat Penelitian
Dari hasil luaran
yang dihasilkan, pada bagian ini disebutkan pihak-pihak mana saja yang akan
mendapat manfaat serta disebutkan manfaat seperti apa yang diterima oleh
masing-masing pihak. Misalkan untuk penelitian rancang bangun perangkat lunak
Sistem Informasi Rumah Sakit untuk klinik bersalin ini maka pihak-pihak yang mendapatkan manfaat
antara lain:
1.
Petugas
Memudahkan
petugas dalam megelolah data rekam medis.
2.
Dokter
Memudahkan
dalam melakukan diagnosis awal.
3.
Penulis
Penelitian
ini merupakan lahan pembelajaran dalam bidang analisis.
1.6
Metodologi Penelitian
Penelitian ini
dilakukan melalui beberapa tahapan. Adapun metode yang digunakan dalam
tiap-tiap tahapan antara lain:
1.
Metode Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan
melalui wawancara, kuisioner, studi pustaka dan observasi lapangan.
2.
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Perangkat lunak dalam
penelitian ini dibangun dengan menggunakan metode rekayasa Waterfall (atau Prototyping,
Agile, Spiral, atau metode lain yang paling tepat untuk studi kasus yang
diangkat).
1.7
Sistematika Penulisan
Sistem penulisan
dalam tugas akhir ini diususun dalam bentuk karya ilmiah dengan struktur
penulisan sebagai berikut:
BAB
1 PENDAHULUAN
Bab ini berisi uraian tentang latar belakang masalah
yang mendasari pentingnya diadakan penelitian, identifikasi, pembatasan dan
perumusan masalah penelitian, maksud dan tujuan penelitian, kegunaan penelitian
yang diharapkan, dan sistematika penulisan.
BAB
2 LANDASAN TEORI
Bab ini berisi tinjauan teori yang mendilaporankan
pengertian…. (hal-hal yang berhubungan dengan topik penelitian).
BAB
3 ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab
ini berisi tentang analisis kebutuhan dari sistem yang akan dibangun,
perbandingan sistem yang sudah ada dengan sistem yang diusulkan, dan
perancangan sistem yang diusulkan.
BAB
4 TESTING DAN IMPLEMENTASI
Bab
ini berisi tentang penjelasan prosedur testing dan proses pengujian sistem yang
telah dibuat.
BAB
5 PENUTUP
Bab ini berisi pokok-pokok kesimpulan dan saran-saran
yang perlu disampaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan hasil
penelitian.
DAFTAR
PUSTAKA
Daftar
pustaka berisi daftar referensi yang digunakan dalam penelitian.
BAB 2
LANDASAN TEORI
2.1
Landasan Teori
Bagian ini memuat rangkuman teori-teori yang diambil
dari buku atau literatur yang mendukung penelitian, serta memuat penjelasan
tentang konsep dan prinsip dasar yang diperlukan untuk pemecahan permasalahan.
Landasan teori dapat berbentuk uraian kualitatif, model matematis, atau tools
yang langsung berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Sumber teori yang
dirujuk pada bagian ini harus dicantumkan dalam kalimat atau pernyataan yang
diacu dan dicantumkan dalam Daftar Pustaka. Adapun dalam penulisan di dalam
Landasan Teori disesuaikan dengan tema yang telah ditentukan.
BAB 3
ANALISIS DAN
PERANCANGAN SISTEM
3.1
Analisis Sistem Berjalan
Sistem yang berjalan pada studi kasus ini
yaitu, sistem manual yang masih menggunakan kertas sebagai media penyimpanan
datanya. Dan untuk pencarian data juga masih dilakukan secara manual.
3.2
Analisis Sistem yang Diusulkan
Menyambung uraian
pada bagian sebelumnya, pada bagian ini dikemukakan sistem baru yang diusulkan.
Sistem yang diusulkan yaitu, pengolahan data berbasis komputer. Data-data akan
disimpan, diperbaruhi, dan dicari melalui komputer. Yang akan mengefektifkan
dan mengefisieankan penyimpanan data karena sudah tidak lagi menggunakan
kertas. Juga meminimalisir risiko terjadinya kerusakan data.
3.2.1
Kebutuhan Fungsional
Berikut adalah
kebutuhan fungsional pada sistem ini:
- Proses login untuk
dokter, admin, dan petugas.
- Proses pengelolahan
data pasien baik pasien ibu dan bayi yang meliputi : memasukkan data baru, pembaruan data,
simpan, cetak, dan hapus.
- Proses pengelolahan
data dokter meliputi :
memasukkan data baru, pembaruan data, simpan, dan hapus.
- Proses pengelolahan
data Petugas meliputi:
memasukkan data baru, pembaruan data, simpan, dan hapus.
- Proses pendaftaran
pasien baru, baik daftar baru
maupun pendaftaran untuk periksa dilakukan oleh petugas.
3.2.2
Kebutuhan Non Fungsional
Selain kebutuhan
fungsional tentu sebuah sistem juga memiliki kebutuhan non fungsional seperti
kecepatan, keamanan, reliabilitas dan sebagainya.
3.2.3
Desain Sistem yang Diusulkan
Template ini dibuat
dengan asumsi pemodelan berorientas obyek maka dari itu komponen yang ada
adalah Use Case, Activity dan Class Diagram.
A
Pemodelan Use Case
Pada bagian ini
dimunculkan Use Case Diagram serta
pelaporan tiap aktor di dalam sistem. Untuk masing-masing use case dalam use case
diagram akan dijabarkan dengan detail pada sub bab berikutnya.
A.1
Use Case Sistem
Sub bab ini
digunakan untuk mendelaporankan masing-masing use case. Komponennya antara lain Graphical User Inerface (GUI) dari use case yang dimaksud serta skenario dari use case.
B
Activity Diagram
Diagram kedua
adalah Activity Diagram. Pemilihan
diagram tergantung preferensi penulis atau sesuai arahan dosen pembimbing. Pada
bagian ini juga perlu dipastikan bahwa untuk setiap use case perlu dibuat satu activity
diagram.
B.1
Activity Diagram
Login
Bagian ini untuk Activity diagram dari use case login.
B.2
Activity Diagram …
Bagian ini untuk activity diagram dari use case lainnya. Pastikan penomoran use case dan activity diagram sinkron untuk memudahkan pengecekan.
C
Class Diagram
Class diagram dibuat sesuai
dengan sequence. Pada dasarnya hanya
ada satu class diagram. Namun apabila
terlalu besar class diagram dapat
dipecah pecah sesuai kebutuhan asal tidak mengubah maksud dari relasi antar class.
BAB 4
IMPLEMENTASI
4.1
Implementasi Desain Basis Data
Pada bagian ini
tunjukkan hasil implementasi dalam database yang digunakan. Berikan penjelasan
atas desain basis data yang telah digambarkan.
Gambar
4.1 Desain Basis Data
4.2
Implementasi Desain Antarmuka
Pada bagian ini
tunjukkan hasil implementasi desain antarmuka dari hasil perancangan sistem.
A.
Antarmuka Halaman Admin
1) Antarmuka
halaman login admin : halaman ini digunakan
sebagai keamanan,sebelum masuk ke aplikasi ini. Pada halaman ini admin harus
memasukkan username dan password.
Gambar 4.2 Antar Muka Halaman Login
B . Halaman Data Dokter
C .
BAB 5
PENUTUP
5.1
Kesimpulan
Kesimpulan dapat
mengemukakan kembali masalah penelitian (mampu menjawab pertanyaan dalam
rumusan masalah), menyimpulkan bukti-bukti yang diperoleh dan akhirnya menarik
kesimpulan apakah hasil yang didapat (dikerjakan), layak untuk digunakan
(diimplementasikan). Penulis tidak diperkenankan menyimpulkan masalah jika
pembuktian tidak terdapat dalam hasil penelitian.
5.2
Saran
Saran merupakan manifestasi dari penulis untuk dilaksanakan
(sesuatu yang belum ditempuh dan layak untuk dilaksanakan). Saran dicantumkan
karena peneliti melihat adanya jalan keluar untuk mengatasi masalah (kelemahan
yang ada), saran yang diberikan tidak terlepas dari ruang lingkup penelitian
(untuk objek penelitian maupun pembaca yang akan mengembangkan hasil
penelitian).
Penulisan daftar
pusaka sesuai dengan uraian dalam panduan laporan menggunakan format APA (American Psychological Assosiation)
Jarak antar pustaka 2 spasi dan
jarak antar baris pustaka yang panjang 1
spasi dengan baris kedua dst. dan masuk 1,5 cm dari batas kiri ketikan.
thanks, followback https://endangkurniawan.com
BalasHapus